.

Prosedur Mengupdate Bios

Semua Motherboard terbaru hari ini, 486 / Pentium / Pentium Pro dll, pastikan bahwa upgrade dapat dengan mudah diperoleh dengan menggabungkan sistem BIOS di sebuah komponen memori FLASH. Dengan FLASH BIOS, tidak perlu mengganti suatu komponen EPROM. Setelah di-download, proses upgrade sesuai utilitas pada sebuah floppy disk yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, memverifikasi dan memperbarui sistem BIOS. Sebuah hard drive atau drive jaringan juga dapat digunakan untuk menjalankan utilitas upgrade yang lebih baru. Namun, manajer memori tidak dapat diinstal saat upgrade.

Paling pra-motherboard Pentium tidak memiliki Flash BIOS. Oleh karena itu instruksi berikut tidak berlaku untuk papan ini. Jika motherboard anda tidak memiliki Flash BIOS (EEPROM), Anda akan perlu untuk menggunakan EPROM programmer untuk memprogram ulang chip BIOS. Hubungi agen anda untuk informasi lebih lanjut tentang hal ini.

Silakan baca petunjuk berikut secara penuh sebelum memulai upgrade BIOS Flash:
A. Membuat Bootable Floppy (di DOS)

• Dengan non-diformat disk, ketik berikut ini:

format a: / s

• Jika menggunakan disk diformat, ketik:

sys a:

Prosedur ini akan memastikan boot yang bersih saat Anda berkedip BIOS baru.

B. Download file BIOS

• Download file BIOS yang benar dengan mengklik pada nama file dari file BIOS yang ingin Anda download.

• Simpan file BIOS dan Flash Utility file dalam disk boot yang telah Anda buat. Unzip file BIOS dan utilitas flash file. Jika Anda tidak memiliki "unzip" utilitas, download WinZip untuk Windows 95 shareware / evaluasi salinan untuk satu kali digunakan dari _www.winzip.com atau _www.pkware.com. Kebanyakan CD ROM yang ditemukan di majalah komputer, memiliki versi shareware WinZip pada mereka.

• Anda harus memiliki diekstrak dua file:

Flash BIOS utilitas misalnya: flash7265.exe (misalnya)

BIOS misalnya: 6152J900.bin (contoh)

Menggunakan utilitas flash terbaru tersedia kecuali ditentukan lain (baik di update BIOS halaman atau dalam file arsip). Informasi ini biasanya diberikan.

C. Upgrade Sistem BIOS

Selama boot up, tuliskan versi BIOS lama karena Anda akan perlu menggunakannya untuk nama file BIOS cadangan.

Tempatkan floppy disk bootable yang berisi file BIOS dan Flash Utility dalam mengemudi, dan reboot sistem di MS-DOS, lebih baik Versi 6,22

• Pada A:> prompt, ketik Flash BIOS yang sesuai utilitas dan file BIOS dengan ekstensi.

Contoh:

flash625 615j900.bin

• Dari Flash Memory Writer menu, pilih "Y" ke "Apakah Anda ingin menyimpan BIOS?" jika Anda ingin menyimpan (back up) Anda saat ini BIOS (sangat dianjurkan), kemudian ketik nama BIOS Anda saat ini dan perluasannya setelah NAMA FILE TO SAVE: misalnya: a: \ 613J900.bin

Atau pilih "N" jika Anda tidak ingin menyimpan BIOS Anda saat ini. Hati-hati, meskipun, bahwa Anda tidak akan dapat pulih dari kemungkinan kegagalan.

• Pilih "Y" ke "Apakah Anda yakin untuk program ini?"

• Tunggu sampai menampilkan "Pesan: Power Off atau sistem Reset"

Setelah BIOS telah berhasil dimuat, lepaskan disket dan reboot sistem. Jika Anda menulis untuk BIOS tetapi tidak dapat menyelesaikan prosedur, jangan menonaktifkan, karena komputer tidak akan mampu boo, dan Anda tidak akan diberikan kesempatan lagi untuk berkedip. Dalam hal ini meninggalkan sistem Anda sampai Anda menyelesaikan masalah (flashing BIOS dengan file lama adalah solusi, asalkan Anda telah membuat cadangan sebelum)

Pastikan versi BIOS baru telah dimuat dengan baik dengan mengambil catatan dari BIOS pengenal sebagai sistem reboot.

Untuk AMI BIOS
Setelah BIOS telah berhasil dimuat, lepaskan disket dan reboot sistem memegang "END" sebelum tombol power on sampai Anda masukkan setup CMOS. Jika Anda tidak melakukan hal ini pertama kali boot up setelah meng-upgrade BIOS, sistem akan menggantung.

Update BIOS Tips
catatan:
1.Make yakin tidak pernah untuk mematikan atau mengatur ulang komputer anda selama proses flash. Ini akan merusak data BIOS. Kami juga menyarankan agar Anda membuat salinan BIOS Anda saat ini pada disket bootable sehingga Anda dapat reflash jika Anda perlu. (Pilihan ini tidak tersedia saat berkedip sebuah AMI BIOS).

2. Jika Anda memiliki masalah menginstal BIOS yang baru anda periksa hal berikut:

Apakah Anda melakukan boot bersih?
Dengan kata lain, apakah Anda mengikuti prosedur di atas untuk membuat sebuah bootable floppy? Hal ini memastikan bahwa ketika boot dari "A" tidak ada device driver di disket. Gagal untuk melakukan boot bersih adalah penyebab paling umum untuk mendapatkan sebuah "Memori tidak cukup" pesan kesalahan saat mencoba untuk flash BIOS.

Jika Anda belum menggunakan bootable floppy, memastikan boot yang bersih baik oleh

a) menekan F5 saat bootup

b) dengan menghapus semua driver perangkat pada CONFIG.SYS termasuk HIMEM.SYS. Lakukan ini dengan menggunakan perintah EDIT.

Apakah Anda boot di bawah DOS?
Booting di Windows adalah penyebab umum lain untuk mendapatkan sebuah "Memori tidak cukup" pesan kesalahan saat mencoba untuk flash BIOS. Pastikan untuk boot ke DOS dengan seperangkat minimal driver. Penting: Booting di DOS tidak berarti memilih "Restart komputer pada MS-DOS Mode" dari menu atau Windows98/95 shutdown akan modus Prompt di WindowsNT, melainkan mengikuti prosedur di atas (format a: / s dan reboot dari a: \ ).

Apakah Anda memasukkan nama file lengkap dari utilitas flash dan BIOS ditambah ekstensi?
Jangan lupa bahwa sering Anda perlu menambahkan huruf drive (a: \) sebelum flashing BIOS. Contoh: ketika diminta untuk nama file file BIOS baru yang pada disket Anda, jika Anda bekerja dari c: \ anda perlu mengetik: \ 615j900.bin, bukan hanya 615j900.bin.

0 komentar: