.

Pemanfaatan Kemera CCTV Untuk Arus Lalulintas

Pemanfaat kamera CCTV mungkin sudah tak asing lagi bagi kita semua, dari mulai hotel ,tempat-tempat wisata, rumah sampai lampu marah pun sudah menggunakannya. Dalam kesampatan kali ini kita akan membicarakan pemanfaatan kamera cctv sebagai pemantau arus lalu lintas khususnya pada lampu merah. Peranan kamera cctv ini tentu sangat bermanfaat bagi pemantau arus lalu lintas, sekaligus mengurangi beban tugas pak Polisi juga dalam mengatur arus lalu lintas.
Kamera CCTV sendiri ada beberapa jenis diantaranya:
1. Stand-alone DVR
Stand-Alone DVR's adalah sebuah alat perekam yang sangat mudah digunakan, Dengan alat perekam ini memungkinkan Kamera CCTV anda bisa diakses atau di monitor dari mana saja di seluruh dunia dengan menggunakan kabel telpon, internet dan hand phone yang sudah support GPRS / 3G. Beberapa model terbaru dengan tambahan--fitur , motion dectection, remote viewing, MPEG-4 video format, sistem backup yang mudah baik itu ke USB, DVD, CD ROM dan bisa diakses lewat LAN & Ineternet . Perekam ini terdiri dari 4 channel, 8 channel dan 16 channel yang merekan secara digital ke hardisk dengan menggunakan teknology motion detection dengan format MPEG-4.
2. PC based DVR
Merupakan alat perekam CCTV di komputer.,motherboard, LAN card, video board CPU Hard Drive, memory dan DVR board. DVR board akan menerima video dari kamera yang terpasang dengan bantuan DVR software dari DVR board tersebut. Cara kerja DVR dengan motion detection DVR's mendeteksi adanya pergerakan / motion dari video pixels seperti: tidak cukup cahaya, atau pergerakan suatu object. Karena ada perubahan pixel DVR, maka DVR memandangnya sebagai motion sehingga recording akan segera dimulai. Disamping itu DVR's mempunyai sistem yang saling berhubungan dengan setiap kamera. Untuk lebih lengkapnya kita bisa baca di http://cctvcamera-alarm.com/faq.html
Seiring berkembangnya waktu semua bisa kita lakukan dengan lebih mudah, tentu dengan keberadaan kamera cctv ini untuk pemantau pengguna jalan akan mambuat pengguna jalan itu sendiri akan sedikit lebih was-was karna setiap tindak pelanggaran yang mereka lakukan akan terekam oleh kemera, tentu mereka akan mendapatkan sangsi atas semua tindak mereka. Pemanfaatan kemera cctv sendiri hadir tak luput dari telematika seperti yang telah di saya ulas dalam tulisan sebelumnya.
Keberadaan cctv merupakan sebuah kemera yang didisein khusus untuk merekam atau untuk memantau aktifitas sedang berlangsung dalam suatu tempat, kadang juga kemera ini di tempatkan pada tempat yang tidak telihat langsung oleh mata. Pemakaian cctv untuk pemantau arus lalulintas akan sangat berguna sekali apa lagi belakangan ini kerap para pengguna jalan kurang di siplin dan kurang mengindahkan aturan rambu lalu lintas yang tentu sangat merugikan bagi diri sendiri maupun orang lain.
Apalagi dalam masyarakat kita yang tiap tahunnya ada tradisi mudik, kemacetan jalan tentu hal yang tidak terhindarkan lagi. Sekali lagi dengan keberadaan kamera cctv ini akan membantu. Kita dapat mengetahui kondisi jalan dan bisa menentukan jalan mana yang akan kita tempuh saat akan melakukan perjalanan mudik.
Semoga saja dengan semakin bekembangnya teknlogi ini akan lebih menyadarkan kita bahwa segala sesuatu itu di buat bukan saja untuk memudahkan kita tapi juga mengingatkan kita betapa kita harus sadar bahwa patuh terhadap satu aturan itu adalah ebih baik.

0 komentar: