.

10 alasan mengapa PC crash

kita baru saja diserang oleh Blue Screen of Death. Mcft siapa saja yang menggunakan Windows akan terbiasa dengan hal ini. Apa yang dapat Anda lakukan? Lebih penting lagi, bagaimana anda bisa mencegahnya terjadi?

1 Hardware konflik

Nomor satu alasan mengapa Windows crash adalah hardware konflik. Setiap perangkat hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui saluran permintaan interupsi (IRQ). Ini seharusnya unik untuk setiap perangkat.

Sebagai contoh, printer biasanya menghubungkan secara internal pada IRQ 7. Keyboard biasanya menggunakan IRQ 1 dan floppy disk drive IRQ 6. Setiap perangkat akan mencoba untuk babi tunggal IRQ untuk sendiri.

Jika ada banyak perangkat, atau jika mereka tidak diinstal dengan benar, dua di antaranya mungkin berakhir berbagi angka IRQ yang sama. Ketika pengguna mencoba untuk menggunakan kedua perangkat pada saat yang sama, sebuah kecelakaan bisa terjadi. Cara untuk memeriksa apakah komputer Anda memiliki konflik perangkat keras adalah melalui rute sebagai berikut:

* Start-Settings-Control Panel-System-Device Manager.

Seringkali jika sebuah perangkat memiliki masalah kuning '! " muncul di sebelah deskripsi dalam Device Manager. Sorot Computer (di Device Manager) dan tekan Properties untuk melihat nomor IRQ yang digunakan oleh komputer Anda. Jika nomor IRQ tampak dua kali, dua perangkat mungkin akan menggunakannya.

Kadang-kadang perangkat mungkin berbagi IRQ dengan sesuatu yang digambarkan sebagai 'IRQ holder for PCI steering'. Hal ini dapat diabaikan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah untuk menghapus masalah perangkat dan menginstal kembali.

Kadang-kadang Anda mungkin harus menemukan driver yang lebih baru di internet untuk membuat perangkat berfungsi dengan baik. Sumber daya yang baik www.driverguide.com. Jika perangkat adalah soundcard, atau modem, maka dapat diperbaiki dengan berpindah ke slot yang berbeda pada motherboard (hati-hati untuk membuka komputer Anda, karena Anda mungkin membatalkan garansi).

Ketika bekerja di dalam komputer anda harus matikan, lepaskan utama memimpin dan menyentuh permukaan logam yang tidak dicat untuk melepaskan apapun listrik statis.

Untuk bersikap adil terhadap Mcft, masalah dengan angka IRQ tidak dari pembuatan. Ini adalah masalah warisan akan kembali ke PC pertama desain dengan menggunakan IBM 8.086 chip. Pada awalnya hanya ada delapan IRQs. Hari ini ada 16 IRQs di PC. Mudah untuk kehabisan dari mereka. Ada rencana untuk meningkatkan jumlah desain IRQs di masa depan.

2 Bad Ram

Ram (random-access memory) masalah mungkin membawa pada kematian layar biru dengan pesan yang mengatakan Fatal Exception Error. Sebuah kesalahan fatal hardware menunjukkan masalah yang serius. Kadang-kadang hal ini dapat berarti suatu bagian yang rusak dan perlu diganti.

Tapi kesalahan fatal disebabkan oleh Ram mungkin disebabkan oleh ketidaksesuaian keripik. Sebagai contoh, pencampuran 70-nanodetik (70ns) Ram with 60ns Ram akan biasanya memaksa komputer untuk menjalankan semua Ram pada kecepatan yang lebih lambat. Ini akan sering crash mesin jika Ram yang bekerja terlalu keras.

Satu cara sekitar masalah ini adalah untuk memasukkan pengaturan BIOS dan meningkatkan keadaan menunggu Ram. Hal ini dapat membuatnya lebih stabil. Cara lain untuk memecahkan masalah masalah yang dicurigai Ram adalah untuk mengatur ulang Ram chips di motherboard, atau mengambil beberapa dari mereka keluar. Kemudian cobalah untuk mengulangi keadaan yang menyebabkan kecelakaan. Ketika menangani Ram mencoba untuk tidak menyentuh koneksi emas, seperti mereka dapat mudah rusak.

Pesan kesalahan paritas juga merujuk kepada Ram. Modern Ram chips yang baik paritas (ECC) atau non parity (non-ECC). Cara terbaik adalah tidak untuk mencampur dua jenis, karena hal ini dapat menjadi penyebab masalah.

Pesan error EMM386 merujuk kepada masalah memori, tetapi mungkin tidak dapat terhubung ke Ram yang buruk. Hal ini mungkin disebabkan oleh masalah memori bebas sering dikaitkan dengan Dos tua berbasis program.

Pengaturan BIOS 3

Setiap motherboard ini dilengkapi dengan chipset berbagai pengaturan yang memutuskan di pabrik. Sebuah cara yang umum untuk mengakses pengaturan ini adalah dengan menekan F2 atau menghapus tombol selama beberapa detik pertama dari sebuah boot-up.

Begitu berada di dalam BIOS, perhatian yang besar harus diambil. Ini adalah ide yang baik untuk menuliskan pada selembar kertas semua pengaturan yang muncul di layar. Dengan cara itu, jika Anda mengubah sesuatu dan komputer menjadi lebih tidak stabil, Anda akan tahu apa untuk kembali ke pengaturan.

Umum menyangkut kesalahan BIOS CAS latency. Hal ini mengacu pada Ram. Older EDO (extended data out) Ram memiliki CAS latency of 3. Baru SDRAM memiliki CAS latency of 2. Menetapkan sosok yang salah dapat menyebabkan Ram untuk mengunci dan membekukan komputer layar.

Mcft Windows adalah lebih baik mengalokasikan nomor IRQ dari BIOS apapun. Jika mungkin menetapkan nomor IRQ ke Otomatis pada BIOS. Ini akan mengijinkan Windows untuk mengalokasikan angka IRQ (pastikan BIOS setting untuk Plug and Play OS adalah beralih ke 'ya' untuk memungkinkan Windows untuk melakukan ini.).

4 Hard disk drive

Setelah beberapa minggu, informasi pada hard disk mulai menjadi sedikit demi sedikit atau terbagi-bagi. Ini adalah ide yang baik untuk defragmentasi hard disk setiap minggu atau lebih, untuk mencegah cakram dari menyebabkan satu beku layar. Buka

* Start-Programs-Accessories-System Tools-Disk Defragmenter

Ini akan mulai prosedur. Anda tidak akan bisa untuk menulis data ke hard drive (untuk menyimpan) sedangkan disk defragmenting, sehingga ini adalah ide yang baik untuk menjadwalkan prosedur untuk suatu periode tidak aktif menggunakan Penjadwal Tugas.

Penjadwal Tugas harus salah satu ikon kecil di kanan bawah dari halaman pembukaan Windows (desktop).

Beberapa kemacetan dan layar membeku disebabkan oleh masalah harddisk dapat diselesaikan dengan mengurangi pengoptimalan baca-depan. Ini dapat disesuaikan dengan pergi ke

* Start-Settings-Control Panel-System Icon-Performance-File System-Hard Disk.

Hard disk akan memperlambat dan crash jika terlalu penuh. Melakukan beberapa rumah tangga pada hard drive Anda setiap beberapa bulan dan bebas beberapa ruang di atasnya. Buka folder Windows di drive C dan menemukan Temporary Internet Files folder. Menghapus isi (bukan folder) dapat bebas banyak ruang.

Kosongkan Recycle Bin setiap minggu untuk membebaskan lebih banyak ruang. Hard disk drive harus di-scan setiap minggu untuk sektor kesalahan atau buruk. Buka

* Start-Programs-Accessories-System Tools-ScanDisk

Jika tidak menetapkan Penjadwal Tugas untuk melakukan operasi ini pada malam hari ketika komputer tidak digunakan.

5 Fatal OE pengecualian dan VXD error

Kecuali kesalahan fatal OE dan kesalahan VXD biasanya disebabkan oleh masalah kartu video.

Ini sering kali dapat diselesaikan dengan mudah dengan mengurangi resolusi layar video. Buka

* Start-Settings-Control Panel-Display-Settings

Di sini Anda harus geser bar area layar ke kiri. Lihatlah pengaturan warna di sebelah kiri jendela itu. Bagi sebagian besar desktop, warna tinggi 16-bit kedalaman memadai.

Jika layar membeku atau sistem Anda mengalami kemacetan itu mungkin karena kartu video. Pastikan tidak memiliki konflik hardware. Buka

* Start-Settings-Control Panel-System-Device Manager

Di sini, pilih tanda + di samping Display Adapter. Sebuah baris teks mendeskripsikan kartu video anda akan muncul. Pilih (membuatnya biru) dan tekan properti. Kemudian pilih Resources dan memilih setiap baris di jendela. Cari pesan yang mengatakan Tidak ada Konflik.

Jika Anda memiliki perangkat keras kartu video konflik, Anda akan melihatnya di sini. Berhati-hatilah pada saat ini dan membuat catatan dari semua yang Anda lakukan jika Anda membuat hal-hal yang lebih buruk.

Cara untuk menyelesaikan konflik perangkat keras adalah untuk tidak mencentang kotak Gunakan Pengaturan Otomatis dan tekan tombol Pengaturan Ubah. Anda sedang mencari pengaturan yang akan menampilkan Tidak ada pesan Konflik.

Lain cara yang berguna untuk memecahkan masalah video adalah pergi ke

* Start-Settings-Control Panel-System-Performance-Graphics

Di sini Anda harus memindahkan Akselerasi Hardware slider ke kiri. Seperti biasa, yang paling umum penyebab masalah yang berkaitan dengan kartu grafis sudah tua atau kesalahan driver (driver adalah software kecil yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat).

Mencari kartu video anda produsen di internet dan mencari driver terbaru untuk itu.

6 Virus

Sering kali tanda pertama dari infeksi virus adalah ketidakstabilan. Beberapa virus menghapus sektor boot dari sebuah hard drive, sehingga tidak mungkin untuk memulai. Inilah sebabnya mengapa itu adalah ide yang baik untuk menciptakan Windows start-up disk. Buka

* Start-Settings-Control Program Panel-Add/Remove

Di sini, cari Start Up Disk tab. Perlindungan virus memerlukan kewaspadaan terus-menerus.

Sebuah scanner virus memerlukan daftar dari tanda tangan virus agar dapat mengidentifikasi virus. Tanda tangan ini disimpan dalam sebuah file DAT. File DAT harus diperbaharui mingguan dari situs web produsen perangkat lunak antivirus Anda.

Program antivirus yang bagus adalah McAfee VirusScan oleh Network Associates (www.nai.com). Lain adalah Norton AntiVirus 2000, dibuat oleh Symantec (www.symantec.com).

7 Printers

Tindakan mengirimkan dokumen untuk mencetak menciptakan sebuah file besar, sering disebut sebagai postscript file.

Printer hanya memiliki sedikit memori, yang disebut buffer. Hal ini dapat dengan mudah kelebihan beban. Mencetak dokumen juga menggunakan cukup banyak power CPU. Ini juga akan memperlambat kinerja komputer.

Jika printer sedang mencoba untuk mencetak karakter tidak biasa, ini mungkin tidak akan diakui, dan dapat crash komputer. Kadang-kadang printer tidak akan pulih dari kecelakaan karena kebingungan dalam buffer. Cara yang baik untuk menghapus penyangga adalah untuk mencabut printer selama sepuluh detik. Boot dari sebuah negara tidak berdaya, juga disebut boot dingin, akan mengembalikan pengaturan default printer dan Anda mungkin dapat meneruskan.

8 Software

Penyebab umum crash komputer rusak atau buruk-perangkat lunak yang diinstal. Sering masalah dapat disembuhkan dengan menghapus perangkat lunak dan kemudian menginstalnya kembali. Gunakan Norton Uninstall atau Uninstall Shield untuk menghapus aplikasi dari sistem anda dengan benar. Ini juga akan menghapus referensi ke program di Registry Sistem dan meninggalkan jalan yang jelas untuk salinan yang sama sekali.

Registry Sistem dapat dirusak oleh referensi tua ke perangkat lunak usang yang anda sangka itu dihapus. Gunakan Reg Cleaner by jouni Vuorio untuk membersihkan System Registry dan menghapus entri usang. Bekerja pada Windows 95, Windows 98, Windows 98 SE (Second Edition), Windows Millennium Edition (ME), NT4 dan Windows 2000.

Baca instruksi dan menggunakannya secara hati-hati sehingga Anda tidak melakukan kerusakan permanen Registry. Jika Registry rusak Anda harus menginstal ulang sistem operasi Anda. Reg Cleaner dapat diperoleh dari www.jv16.org

Seringkali masalah Windows dapat dipecahkan dengan memasukkan Safe Mode. Hal ini dapat dilakukan selama start-up. Bila Anda melihat pesan "Starting Windows" tekan F4. Ini akan membawa Anda ke dalam Safe Mode.

Safe Mode beban minimal driver. Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan dan memperbaiki masalah yang mencegah Windows dari loading dengan benar.

Kadang-kadang menginstal Windows adalah sulit karena pengaturan BIOS tidak cocok. Jika Anda terus mendapatkan pesan kesalahan SUWIN (Windows setup) selama instalasi Windows, kemudian coba masuk ke dalam BIOS dan melumpuhkan CPU internal cache. Cobalah untuk menonaktifkan Level 2 (L2) cache jika itu tidak berhasil.

Ingatlah untuk mengembalikan semua pengaturan BIOS kembali ke pengaturan mantan instalasi berikut.

9 Overheating

Central processing unit (CPU) biasanya dilengkapi dengan penggemar agar tetap dingin. Jika gagal atau jika kipas CPU menjadi tua ini mungkin mulai terlalu panas dan menghasilkan jenis tertentu kesalahan yang disebut kesalahan kernel. Ini adalah masalah umum di chip yang telah overclocked untuk beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi daripada yang seharusnya mereka.

Satu obat adalah untuk mendapatkan lebih besar kipas dan menginstalnya di atas CPU. Spesialis kipas pendingin / heatsink yang tersedia dari www.computernerd.com atau www.coolit.com

Masalah CPU sering dapat diperbaiki dengan menonaktifkan cache internal CPU di BIOS. Ini akan membuat mesin berjalan lebih lambat, tetapi juga harus lebih stabil.

10 Power supply masalah

Dengan semua konstruksi baru terjadi di sekitar negara yang pasokan listrik telah menjadi terganggu. Sebuah lonjakan listrik atau spike dapat crash komputer semudah pemadaman listrik.

Jika ini telah menjadi gangguan bagi Anda mempertimbangkan untuk membeli power supply yang tidak terputus (UPS). Ini akan memberi Anda catu daya bersih bila ada listrik, dan ini akan memberi Anda beberapa menit untuk melakukan shutdown dikontrol dalam kasus pemadaman listrik.

Ini adalah investasi yang baik jika data anda sangat penting, karena pemadaman listrik akan menyebabkan data yang belum disimpan akan hilang.

0 komentar: